Rabu, 30 Desember 2009

Keburukan sistem organisasi karena pemimpin otoriter

Organisasi sama halnya dengan Team Work. Dalam suatu organisasi harus ada kerjasama yang baik disetiap anggotanya. Tidak boleh ada yang menonjol sendiri atau mau menjadi pemimpin. Memang pada dasarnya dalam sebuah organisasi harus ada seorang pemimpin namun bukan pemimpin yang otoriter.

Ada banyak dampak yang ditimbulkan oleh kepemimpinan yang otoriter. Dari kepemimpinan yang otoriter tidak lantas membuat suatu organisasi berjalan menjadi lebih baik sehingga seharusnya kepemimpinan dalam suatu organisasi tidak bersifat otoriter terutama dalam institusi pendidikan.

Dalam suatu organisasi terutama dalam institusi pendidikan diharuskan pemimpin yang tegas dan disiplin dalam memberikan perintah. Hal ini ditujukan agar setiap anggota organisasi dapat bertanggung jawab penuh dengan tugas yang dijalaninya.

Keburukan :
1. Tidak mendengarkan aspirasi anggota yang lain.
2. Mau menang sendiri.
3. Hanya mementingkan kepentingan kelompok saja.

Keburukan sistem organisasi pada suatu institusi pendidikan.

Hal yang menjadi suatu dasar dalam organisasi pada suatu institusi pendidikan adalah kejujuran dan tanggung jawab. Kejujuran adalah kunci utama dalam menuju suksesnya
sebuah organisasi.

Organisasi adalah sekumpulan orang yang memiliki tujuan yang sama. Struktur organisasi garis hanya ada satu pemimpin. Struktur organisasi fungsional menggunakan tenaga para ahli. Sedangkan organisasi staff adalah gabungan antara struktur organisasi garis dan fungsional, kedua struktur tersebut dibantu oleh staff.

Dalam struktur organisasi garis perintah yang diberikan harus tegas dan harus disiplin. Dalam struktur organisasi fungsional para tenaga ahli harus sesuai dengan bidang yang ditekuninya. Dalam struktur organisasi staff memiliki keburukan yaitu menomorduakan tugas tenaga ahli, sulit menentukan pelaksanaan perintah, dan kurangnya solidaritas antar anggota organisasi.

Keburukannya :

1. Kurangnya kerjasama antar anggota organisasi.
2. Sulitnya koordinasi disetiap anggota.
3. Menimbulkan kesenjangan sosial antar anggota organisasi.

Senin, 28 Desember 2009

tempa besi selagi panas

“sikap menetukan tindakan .anda bukanlah sebagaimana yang anda kira.apa yang anda piker itulah anda”


Anda akan berhasil ketikan anda mau melatih diri anda,belajar dari apa yang anda kerjakan,serta memiliki kecerdasan untuk membuka diri dari ide gagasan,ide ide nakal yang berada disekitar diri anda.
Musuk terburuk kreatifitas adalah keraguan atas kemapuan dirir sendiri,seorang pemenang tidak akan pernah tahu apakah idenya cemerlang atau sekedera pepesan kosong kalau tidak ada upanya mewujudkannya denagn tindakan.bukanlah apa yang terjadi pada diri anda-tetapi bagaimana anda menangani apa yang terjadi pada diri anda-itulah yang menetukan.setiap anda pasti mrmiliki masalah,namun masalah yang sama bisa menjadi berbeda.perbedaan itu bukan terletak pada masalhnya,tetapi lebih darimana suduk kita memandang masalah tersebut.

Ketika anda keluar malam,disepanjang kampus ada penjualan mie rebus,biasanya pedangan menawarkan mie rebur dan telur setengah matang,sebenarnya telur setengan matang sama saja dengan telur setengan mentah.tentu kesannya akan lain jika kedua istilah ini dipakai,begitupun ketika anda berkata”wah….masalah itu mah bisa diselesaikan mas…..,tapi bisa diselesaikan”.enak yang keduanya bukan.

Dengan meteode”tempa besi selagi panas”maka penanganan masalah akan lebih efesien dan terarah.penyelesaain masalah lebih cepat(tapi tidak ergesa-gesa)akan membuat simpati dan empati.simpati dapat dilihatv seberapa banyak mahasiswa yang mendukung anda,dan empati dapat dilihat seberapa banyak mahasiswa yang membantu anda.temukan sitem panas tersebut dengan system “proaktif menjemput bola”dan tempalah segera mungkin ketika besi masih membara.jangan tunda sampai dingin.aspirasi yang disuarakan mrelalui anda harus terpetakan”besi model apa yang ada dihdapan anda”.tidak semua besi mampu dibentuk dengan pesanan pemilik,dengan demikin semua aspirasi yang dating kepada anda harus anda telan mentah.petakan aspirasi-laukakn startege-buat aksi-tuinggu reaksi

Shalat menjadi sarana relaksasi

Kadang kala setiap hari disibukkan dengan problematika dunia,mungkin bagi kita yang bekerja dikantor setiap hari hanya menatap monitor dengan focus untuk menyelesaikan pekerjaan kita,entah kita sampai lupa bahwa untuk istirahat dan makan agar kesehatan kita selalu terjaga,dan ketika kita dihadapkan dengan persoalan dunia kita lupa kepada siapa kita mengadu?
Sesungguhnya allah itu maha penyanyang umatnya maka ia mewajibkan kita untuk shalat lima waktu,mengapa saya katakana bahwa shalat?
Didalam buku EMOTIONAL SPRITUAL QUESTION karya ary gynanjar dia menceritakan bahwa shalat dapat menjadi sarana relaksasi dengan memetik kisah nyata sebagai berikut:

“Ada seseorang teknisi listrik yang handal di negri ini dipinta untuk memperbaiki sebuah gedung perusahaan yang ternama,lalu dipangillah teknisi tersebut untuk memperbaiki gedung yang sedang bermasalah dengan listriknya.lalu sang manager perusahaan tersebut meminta kepada teknisi dengan tekanan yang keras mungkin.lalu sang manajer perusahaan berkata”ok aku ga mw tau pokoknya 1 jam harus selesai karena aku sudah bayarb mahal dan aku ga mw rugi karena listrik padam,kamu mengerti”lalu sang teknisi listrik melihat permasalah yang terjadi pada listrinya tapi ternyatan listrik ini sulit sekali untuk diperbaikinya dengan tekanan manager lalu teknisi sulit untuk berfikir denganm tenang dan relaks.lalu apa yang terjadi pada 1 jam berikutnya ternyata pekeraan dia tidak selesa”lalu manager memanggilnya dengan penuh kebingungan.mengapa teknisi yang handal ini tidak mampu.lalu akhirnya sang manager mengajak teknisi tersebut untuk berjalan-jalan dan makan siang.dan manager pun mananyakat sebab belum selesainya pekerjaan tersebut.akhirnya sang manajer pun sadar karena teknisi tidak diberikan ruang untuk tenang dan relaks atas otoriter manajer perusahaan
Lalu akhirnya tekinisi kembali bekerja dengan sikap tenang dan relaks dan dalam waktu setengah jam saja pekerjaan dia terselesaikan.”

Dengan shalat lima waktu kita akan mendapatkan ketenangan dan relaks dengan pekerjaan yang begitu banyak.dan dengan shalat bahwa kita akan semakin rendah hati karena tanpa allah kitalah bukan apa apa.dan dialah sesungguhnya tempat segala keluh kesah tentang kehidupan.
Hanya allah yang maha mengetahui

Berdakwah melalui blog.

Setiap muslim maupun manusia mempunyai kewajiban untuk berdakwah ataupun mengajak,menganggil,yaitu dakwah agar manusia senantiasa diingatkan untuk berbuat baik.coba kita bayangkan anggaplah dimuka bumi ini hanya kita orang baik dan sekitar kita orang-orang maupun masyarakat mempunyai moral buruk,maka apa yang akan terjadi,kerusakan,kejahatan,kehancran dan kebiadaban pun akan yampak jelas dimata kita dengan terang terangan.oleh karena itu kita mempunyai kewajiban untuk setiap kita umat muslim yang beragama untuk menyeru kebaikan.mungkin dari kita beranggapan bahwa dakwah itu hanya kewajiban para ulama,ustad,guru ataupun orang tua.maka apa hasilnya?mungkin dakwah hanya dimajlis ta’lim atapin dimasjid dan disekolah sunggu dakwah ini tidak akan efesien nantinya.
Sesungguhnya dalam diri kita mempunyai kewajiban untuk berdakwah,entah itu secara lisan maupun non lisan,mungkin kita mengetahui bahwa guru ataupun ulama berdakwah dengan cara memdidik para muridnya,para seniman berdakwah dengan karya-karyanya seperti sunan kalijaga beliau berdakwah dengan wayang,atapun para musisi berdakwah dengan karya lagu mereka.inilah yang mendasari mereka untuk berdakwah dengan semampunya.

“Sampaikan walaupun hanya satu ayat(alqur-an)”

Mungkin bagi kita para penjelajah dunia maya dan blogger kita mengetahui dengan kepesatan kemajuan teknologi ini yaitu internet mempunyai dampak positif maupun buruk.agar tercegahnya kemungjaran pada dunia maya ini.kita bias berdakwah melalui blog maupun web.

Karena kita telah mengetahui pentingnya dakwah,yuk kita sama sama dakwa dengan blog.semampu yang kita bisa

“keep moving forward/terus bergerak maju”

Created:abas nurrahman

lamaran kerja dengan bahasa inggris

Jakarta,desember 04,2009

Attention to:
BKP NURUL FIKRI
Human resources department
Jakarta

Dear sir,

On this good opportunity,I would like to apply as englis teacher in BKP NURUL FIKRI.I am student from GUNADARMA UNIVERSITY(depok),economic majors of English education.I would like to have career to expand my experience.
My personality as a hard worker and fast learer type.I will be very appreciated if you could give in opportunity to work in BKP NURUL FIKRI.
I hope my qualifications and experience your consideration and look forward to your reply.



Sincerely yours,


ABAS NUR RAHMAN

Statetgy to overcome conflict in organitation

Statetgy to overcome conflict in organitation
Every huwan in this life always have problem or conflict with other.and also in organitation always define problem’s n conflict,so what we must to do?what is salutation conflict in organitation?and wahat is the best salutation for together,sometime we makechoice but our choice hurted someboby.so I will explain the best statety to overcome conflict in organitation,there are
1.know the people and problem’s
The first starategy is we must know the people.the means who is have problem’s or conflict,and what his carachter,is he emotional or kind? And whit whom?and so we must know the conflict or problems,may be the leader have know and the best choice if his have know the the people and problems.thi is explanatition the internals problem in organitation
2. choice the way’s to overcame a conflict
And the second strategy the way’s .we can do sharing with other ,the reason,why it happen?so we discussing or sharing and other
So in concept at theory general organitation 1 is to overcame a conflict:
1.lose-lose
The mean’s them must be losest all
2.win-lose
The means someone can be win with the best reason and can be losest with the bad reason
3.win-win
The means every all win coz with best argument

Menuju kesuksesaan bersama dalam menghadapi sikap ketika konflik dengan keputusan terjadi


Menuju kesuksesaan bersama dalam menghadapi sikap ketika konflik dengan keputusan terjadi

            Ketika kita berorganisasi seringkali terjadi suatu konflik didalam organisasi yang kita jalankan yang mengakibatkatkan organisasi itu tidak bekerja seefekti mungking.mungkin konflik ini terjadi anrata sesame bagian,ataupun sesama bawahan bahkan sesama atasan.oleh karena itu kita harus mengetahui pengertian konflik itu sendiri.

Pengertian konflik adalah Konflik adalah segala macam interaksi pertentangan atau antogonistik antara dua atau lebih pihak.jadi secara garis besar kita mengetahui konflik adalah interaksi pertentangan baik itu secara individual atau kelompok.

Dan disini  didalam mata kuliah teiri umum organisasi 1 dijelaskan bahawa konflik itu mempunyai jenis-jenisnya tersendiri.diantara lain jenis-jenis konflik adalah: Jenis-jenis Konflik :

a.         Konflik peranan yang terjadi didalam diri seseorang (person-role conflict)‏
            b.         Konflik antar peranan (inter-role conflict)‏
                   c.          Konflik yang timbul karena seseorang harus memenuhi harapan      

beberapa orang (intesender conflict)‏
d.         Konflik yang timbul karena disampaikannya informasi yang saling bertentangan     (intrasender conflict)‏


Konflik juga dapat dibedakan menurut pihak-pihak
yang saling bertentangan. Atas dasar hal ini ,
ada 5 jenis konflik , yaitu :




a.         Konflik dalam diri individu.
            b.         Konflik antar individu.
            c.         Konflik antar individu dan kelompok.
            d.         Konflik antar kelompok dalam organisasi yang sama.
            e.         Konflik antar organisasi
            namun disini saya akan berfokus terhadap konfik yang terjadi di dalam organisasi,bagaimana konflik itu terjadi?dan apa sebabnya?dan bagaimana menyelesaikan konflik secara baik?
            Didalam penyelsaian konflik kita tidak ingin konflik itu berakhir pada perperangan bahakn samapi pertumpahan darah.