Senin, 27 September 2010

Topic Penulisan Ilmiah(PI-KU) “aplikasi nutrisi ibu hamil dengan vb.06”

Tidak ada sebuah tujuan/visi/misi tanpa rancanangan atau rencana.karena sebentar lagi saya aan melanjutkan semester tinggkat enam(6) terdapat tugas untuk membuat penelusinan karya ilmiah maka saya berniat membayangkan apa yang akan saya buat dan apa yang akan saya rancang.saya lebih senang untuk membuat sebuah aplikasi karena dengan membuat aplikasi membuktikan apa kita mampu?apa yang telah kita dapat selama belajar dikampus?yah begitu singkat cerita.
Sebetulnya saya punya gambaran mungkin nanti penulisan ilmiah saya lanjutan modifikasi hasil dari perlombaan saya yaitu pada”USB(UNLIMETED SOFWARE BUILDING)” PADA TAHUN 2009.waktu saya berlomba banyak yang menyarankan dari sebagian dosen untuk menjadi penulisan ilmiah.karena aplikasi ini cukup unik dan eneh juga sih.memerukan pemikiran yang matang untuk membuat aplikasi ini.aplikasi ini berjudul”aplikasi nutrisi ibu hamil”
Kenapa saya mengambil judul tersebut,karena? Status gizi ibu sebelum dan selama hamil dapat mempengaruhi pertumbuhan janin yang sedang dikandung. Bila gtatus gizi ibu normal pada masa sebelum dan selama hamil kemungkinan besar akan melahirkan bayi yang sehat, cukup bulan dengan berat badan normal. Dengan kata lain kualitas bayi yang dilahirkan sangat tergantung pada keadaan gizi ibu sebelum dan selama hamil.

Salah satu cara untuk menilai kualitas bayi adalah dengan mengukur berat bayi pada saat lahir. Seorang ibu hamil akan melahirkan bayi yang sehat bila tingkat kesehatan dan gizinya berada pada kondisi yang baik. Namun sampai saat ini masih banyak ibu hamil yang mengalami masalah gizi khususnya gizi kurang seperti Kurang Energi Kronis (KEK) dan Anemia gizi (Depkes RI, 1996). Hasil SKRT 1995 menunjukkan bahwa 41 % ibu hamil menderita KEK dan 51% yang menderita anemia mempunyai kecenderungan melahirkan bayi dengan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR).

Ibu hamil yang menderita KEK dan Anemia mempunyai resiko kesakitan yang lebih besar terutama pada trimester III kehamilan dibandingkan dengan ibu hamil normal. Akibatnya mereka mempunyai resiko yang lebih besar untuk melahirkan bayi dengan BBLR, kematian saat persalinan, pendarahan, pasca persalinan yang sulit karena lemah dan mudah mengalami gangguan kesehatan (Depke RI, 1996). Bayi yang dilahirkan dengan BBLR umumnya kurang mampu meredam tekanan lingkungan yang baru, sehingga dapat berakibat pada terhambatnya pertumbuhan dan perkembangan, bahkan dapat mengganggu kelangsungan hidupnya.
Selain itu juga akan meningkatkan resiko kesakitan dan kematian bayi karena rentan terhadap infeksi saluran pernafasan bagian bawah, gangguan belajar, masalah perilaku dan lain sebagainya (Depkes RI, 1998).

Dengan melihat kondisi atau fakta yang terjadi pada masyarakat modern khususnya, mungkin dengan aplikasi ini membantu para wanita baik para ibu untuk senantiasa mendapatkan asupan gizi yang baik. Oleh karena itu kami membuat software aplikasi yang berguna untuk mengontrol pola makan dan asupan gizi yang baik untuk ibu hamil.dan didalm aplikasi ini juga tersedia saran untuk para ibu untuk senantiasa menjaga kondisi kandungannya.

Pada penulisan ini, penulis membahas mengenai perancangan suatu model sistem pakar untuk menyarankan asupan gizi dan nutrisi yang baik untuk ibi hamil dan penjelasan apa yang harus dilakukan oleh ibu hamil agar kandungan dan ibunya senantiasa sehat selalu,menggunakan Ms Visual Basic 6
.
Tujuan dari pembuatan program aplikasi ini yaitu untuk membantu para ibu hamil khususnya dan para wanita,apa yang ia perbuat jika seuatu hari ia akan mengandung. Dan memudahkan para bidan melayani para pasien. Membentuk pola makan yang benar bagi para ibu hamil karena rata-rata user mereka memperhatikan kualitas & kuantitas pola makan mereka.

Yah,sebetulnya pada penulisan ilmiah ini saya hanya ingin membuktikan sejauh mana ilmu yang telah saya dapat,khususnya pada software mungkin inilah cerirta singkat tentang PI ku

2 komentar: