Jumat, 25 Desember 2009

perbedaan cara berfikir wanita dan pria

Menurut sebuah penelitian terbaru, yang baru-baru ini dilansir LiveScience, pria dan wanita memiliki perbedaan dalam berpikir. Otak dibuat dari dua jenis jaringan yang berbeda, yang disebut materi abu-abu dan putih.

Penelitian baru ini menunjukkan pria berpikir lebih menggunakan materi abu-abu, sedangkan wanita berpikir lebih dengan putih. Meskipun keduanya berpikir secara berbeda, hal ini tidak akan mempengaruhi kinerja intelektual.

Profesor Richard Haier dari Universitas California, Amerika Serikat, mengatakan pada umumnya pria yang jumlah materi abu-abunya hampir 6,5 kali berhubungan dengan kecerdasan umum dibandingkan dengan perempuan. Sedangkan wanita yang memiliki jumlah materi putih hampir 10 kali berkaitan dengan kecerdasan dibanding pria. "Temuan ini menunjukkan bahwa evolusi manusia telah menciptakan dua jenis otak yang dirancang untuk sama-sama cerdas dalam perilaku," ucap Haier.

Dalam otak manusia, abu-abu mewakili pusat-pusat pengolahan informasi. Sementara putih bekerja untuk jaringan pusat-pusat pengolahan tersebut. Hasil dari studi ini mungkin dapat membantu menjelaskan mengapa laki-laki dan perempuan unggul dalam berbagai jenis tugas. Demikian Rex Jung, penulis dan neuropsikolog dari Universitas New Mexico.

2 komentar: